Seydou Keita Memilih Valencia Daripada Liverpool

Seydou Keita Memilih Valencia Daripada LiverpoolSeydou Keita Memilih Valencia Daripada Liverpool – Mantan gelandang FC Barcelona Seydou Keita telah mengungkapkan bahwa ia memilih untuk bergabung dengan Valencia atas Liverpool di bursa transfer Januari. Keita telah mengklaim bahwa ia menampik kesempatan untuk bergabung dengan klub Liga Utama Inggris Liverpool demi obsesinya untuk kembali ke La Liga Spanyol, pada akhirnya ia memutuskan untuk menerima tawaran dari Valencia.

Pemain internasional Mali berusia 34 tahun tersebut telah bermain di Liga Super Chinese bersama Dalian Aerbin FC selama 18 bulan terakhir. Keita menegaskan pada bulan lalu juga bahwa ia ingin kembali ke Eropa dan Liverpool berada di antara klub yang tertarik untuk mendapatkan jasanya. Namun, gelandang tersebut lebih memilih untuk berlabuh ke Mestalla dengan status free transfer.

Keita juga bukan sosok pemain yang asing di Primera Liga Spanyol. Hal ini dikarenakan ia juga pernah menjadi bagian dari tim yang memperkuat Barcelona dan Sevilla. Bahkan, pemain berusia 34 tahun ini juga menjadi bagian dari sejarah Barca saat memperoleh banyak gelar di periode pelatih Pep Guardiola. Namun, Keita memutuskan untuk meninggalkan Camp Nou pada tahun 2012 untuk kemudian memilih bergabung dengan klub Cina Dalian Aerbin.

Ternyata, petualangan pemain ini untuk terus bermain di La Liga tidak berhenti. Valencia, klub yang saat ini berhasil meminangnya. Klub Valencia menyetujui untuk mendatangkan Keita guna memperkuat lini tengah klub. Perjanjian kerjasama antara Valencia dan Keita berlangsung sampai dengan 30 Juni dan memiliki opsi tambahan selama satu musim.

Sebuah kesepakatan dengan The Reds sangat dekat dan memasuki tahap yang lebih lanjut namun negosiasi berakhir berusia 34 tahun tersebut memutuskan untuk memilih Valencia. Keita berkata :

” Ketika kita menerima panggilan dari Valencia, pembicaraan dengan Liverpool berada pada tahap yang sangat maju. “

” Tapi kemudian aku mengatakan kepada agenku, kami akan Valencia. Saya tidak mempunyai kerugian untuk itu. Ketika saya datang untuk bermain ke Mestalla dengan Sevilla atau Barcelona, saya mempunyai kesempatan yang banyak untuk menang, karena ini adalah klub yang sangat besar dengan fans yang fantastis dan memainkan permainan sepakbola yang saya senangi. Itulah mengapa saya memilih untuk datang ke sini. “

Selama dua musim terakhir, Keita terhitung telah menyumbangkan 10 gol dalam 37 penampilan liga untuk Dalian Aerbin, yang finish di tempat ke-5 pada Liga Super Chinese di tahun 2013.

Kegagalan Liverpool dalam merekrut pemain internasional Mali Seydou Keita melengkapi kekecewaan The Reds di bursa transfer musim dingin Januari lalu. Upaya-upaya Liverpool untuk mendapatkan Mohamed Salah telah ditikung oleh klub Chelsea dan potensi transfer atas pemain Dnipro Yevhen Konoplyanka kandas di hari deadline.