Mesin Waktu 31 Desember

 

Mesin Waktu  31 Desember  – Tanggal 31 Desember tentu saja dikenal oleh banyak orang dengan hari pergantian tahun. Namun ternyata bagi para penggemar Manchester United, tanggal ini merupakan tanggal special. Pasalnya manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson merayakan hari ulang tahunnya setiap tanggal 31 Desember tersebut. Dan tahun ini Fergie genarp berusia 72 tahun.

Fergie sendiri lahir dari pasangan Alexander Beaton Ferguson yang bekerja di industri kapalan dan juga Elizabeth. Fergie lahir pada tanggal 31 Desember 1941 dan ia lahir di kediaman neneknya di Shieldhall Road, Govan ketika Inggris dan Skotlandia dalam suasana perang melawan Jerman yang saat itu dipimpin Nazi, Adolf Hitler. Fergie muda sendiri menikmati pendidikan di Broomloan Road Primary School dan juga Govan High School. Fergie sendiri merupakan penggemar berat dari Glasgow Rangers. Fergie remaja juga menyenangi dunia sepak bola dan berposisi sebagai striker di klub kota kelahirannya. Fergie sendiri akhirnya berlabuh ke Queens’ Park FC di tahun 1957.

Fergie akhirnya masuk ke manajemen pada tahun 1974 setelah malang melintang menjadi pemain. Ia kemudian memilih karier sebagai pelatih sepak bola. East Stirlingshire menjadi pelatih perdana pada tahun 1974. Lalu ia merapat ke St. Mirren yang dilatihnya antara 1974-78. Nama Fergie baru mulai dilirik ketika membawa Aberdeen di tahun 1978 hingga 1986. Ia suskes membawa skuad The Dons meraih 3 gelar liga pada tahun 1980,1984, 1985, 4 Piala Skotlandia di tahun 1982, 1983, 1984, 1986, serta 1 Piala Liga Skotlandia di tahun 1976. Fergie juga berhasil membawa Aberdeen meraih gelar UEFA Cup Winners’ Cup di tahun 1983 dan Piala Super UEFA di tahun 1983.

Fergie akhirnya menerima tawaran United untuk menggantikan peran manajer Atkinson yang dipecat. Dan pada 6 November 1986 menjadi awal karier dan sejarah bagi Fergie yang sensasional. Namun di awal musim, Ferguson kurang bisa membawa United bersaing di papan atas. Bahkan pada musim ke 4, Fergie sempat diisukan akan segera di pecat dari manajer Manchester United. Apalagi di akhir tahun tersebut, United hanya meraih 2 poin saja. Namun keputusan manajemen untuk tetap percaya akhirnya membuahkan hasil. Fergie membawa United meraih gelar juara Piala FA di musim tersebut. Tercatat Fergie sudah memberikan 38 gelar juara buat Manchester United mulai dari Liga Inggris, FA Cup hingga Liga Champions. Fergie sendiri juga yang menelurkan bintang-bintang muda Inggris dan juga bintang-bintang baru semacam Eric Cantona, David Beckham, Paul Scholes, Neville bersaudara, Ryan Giggs, Paul Ince, David May hingga Peter Schmeichel dan juga Nicky Butt. Oleh sebab itu ada sebutah khusus untuk United Class 92 yang dikenal dengan sebutan Fergie’s Babes.