Laurent Blanc Mantan Pemain Emas Piala Eropa U-21

Blanc - bursapemainbola.com

Berita Piala Dunia – Sederet pesepakbola kenamaan lahir dari Piala Eropa U21, khususnya mereka yang dinobatkan menjadi golden player. Piala Eropa seringkali dinilai sebagai batu loncatan menuju tim nasional senior. Beberapa pemain yang pernah menjadi golden player di masa lalu tidaklah mudah untuk dilupakan.

Salah satu pesepakbola yang menjadi golden player adalah Rudi Voeller yang berasal dari Jerman. Dia menjadi golden player pada tahun 1982. Saat ini dia lebih dikenal sebagai pelatih yang pernah menangani Bayer Leverkusen dan AS Roma. Dia juga pernah melatih timnas Jerman pada tahun 2000 hingga 2004. Pada saat itu dia berhasil mengantar Die Mannschaft menjadi runner up Piala Dunia pada tahun 2002.

Sebelum menjadi pelatih ternama, Voeller terkenal sebagai pemain yang pernah membeli Kickers Offenbach, TSV 1860 Muenchen, Roma, Marseille, Werder Bremen dan Bayer Leverkusen. Dia juga berhasil menyabet berbagai prestasi. Di lever timnas senior, Voeller mempunyai 90 caps yang diantaranya dia catatkan pada saat membawa Jerman menjadi runner up Piala Dunia pada tahun 1986 dan menjadi juara emoat tahun kemudian.

Pada tahun 1988 prdikat golden player didapat oleh Laurent Blanc dari Prancis. Kini Blanc sudah berusia 47 tahun dan menjadi pelatih Bordeaux pada tahun 2007 hingga 2010 kemudian menjadi pelatih Timnas pada tahun 2010 hingga 2012. Sebelum menjadi pelatih, Blanc terkenal sebagai bek yang tangguh untuk klub-klub nya maupun untuk timnas Prancis. Berita Piala Dunia

Kariernya yang panjang sebagai pemain profesional bermain untuk berbagai klub seperti Montpellier, Napoli, Sain Etienne, Nimes, Barcelona, Auxerre, Inter Milan, Marseille dan Manchester United. Berbagai gelar dia raih bersama klub-klub tersebut. Untuk level timnas, Blanc membukukan 97 cpas. Dia juga pernah mencicipi gelar juara Piala Dunia 1998 dan kemudian Piala Eropa pada tahun 2000 bersama Les Bleus. Blanc juga berprestasi bersama timnas U-21 dan menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun 1988.

Davor Suker adalah pemain lain yang menjadi golden player pada tahun 1990. Suker berasal dari negara Yugoslavia. Pada tahun 1990-an dia dikenal sebagai penyerang yang top. Masa kejaannya tercatat pernah membela berbagai klub terkenal seperti Osijek, Dinamo Zagreb, Real Madrid, Sevilla, West Ham United, Arsenal, dan 1860 Munich.

Pada leverl timnas, Suker mulai bermain untuk tim U-20 Yugoslavia dan pernah menjadi juara pada Piala Dunia U-20 pada tahun 1987 lalu. Tahun 1990, Suker bermain Piala Eropa U-21 dan membawa Yugoslavia menjadi juara kedua. Pada saat itulah dia dinobatkan menjadi golden player. Dia mencetak 6 gol di turnamen itu. Pada level timnas senior, Suker membukukan 69 caps untuk timnas Kroasia dan membantu Kroasia meraih posisi tiga di Piala Dunia 1998. Berita Piala Dunia