Kalah dan Gagal Cetak Gol Jadi Tren Buruk Para Tim Tuan Rumah Musim Ini

Kalah dan Gagal Cetak Gol Jadi Tren Buruk Para Tim Tuan Rumah Musim Ini – Musim ini dunia sepakbola diwarnai oleh tren buruk yang terjadi pada tim-tm besar yang menjadi tuan rumah di pertandingan pertama leg I babak 16 besar Liga Champions. Tercatat tim-tim tersebut adalah Bayer Leverkusen, AC Milan, Manchester City dan Arsenal yang sama-sama kalah saat menjamu lawan-lawannya bahkan hingga tidak berhasil mencetak satu gol pun.

Pada hari Rabu (19/2) dini hari, Leverkusen menjamu Paris St. Germain. Meski bermain di depan para pendukungnya sendiri tim besutan Sami Hyypia tersebut harus menelan kekalahan telak empat gol tanpa balas oleh PSG.

Hasil ini membuat peluang tim yang mewakili Jerman tersebut semakin kecil bahkan mustahil untuk bisa lolos ke babak perempat final Liga Champions. Pasalnya Leverkusen butuh kemenangan dengan selisih gol setidaknya sebanyak 5 kali saat melawat ke parc de princes nanti. Kemungkinan untuk bisa menang pun seakan pupus karena menurut catatan Infrostrada, tidak pernah ada tim yang mampu lolos usai kalah empat gol tanpa balas dalam kompetisi Eropa.

Di waktu yang sama pula, Manchester City harus kembali menelan pil pahit dalam kompetisi Liga Champions usai tersingkir di ase grup dalam dua musim terakhirnya. Manchester City yang menjamu Barcelona di Etihad Stadium terpaksa harus menyerah dengan skor 0-2 melalui tendangan penalti Lionel Messi dan gol yang diciptakan Dani Alves. Untuk bisa lolos ke babak 8 besar, pasukan Manuel Pellegrini tersebut tentu harus berusaha ekstra keras karena mereka harus bisa menang dengan selisih tiga gol di laga putaran kedua saat melawat ke Camp Nou yang menjadi markas Messi dkk. pada 12 Maret mendatang.

Banyak pihak hal ini akan menjadi sangat sulit bagi The Citizens, mengingat Barca adalag salahs atu tim terfavorit untuk menjadi juara turnamen dan tercatat baru menelan kekalahan sebanyak satu kali ketika di kalahkan Bayern Munich dengan skor 3-0 pada 2009.

Dua partai lainnya pun digelar pada keesokan harinya yaitu hari Kamis (20/2) dini hari. AC Milan yang emnajdi satu-satunya wakil dari Italia pun harus menyerah dengan ketangguhan Atletico Madrid yang menjadi pemenang dengan skor 0-1 melalui gol semata wayang Diego Costa di San Siro.

Jika Rossoneri ingin menang dan lanjut ke babak 8 besar Liga Champions, maka mereka harus menang dengan selisih dua gol saat menyambangi Vicente Calderon pada 11 Maret nanti. Tugas Milan juga bisa dibilang lebih berat karena mereka tak hanya mempertaruhkan nama Italia sendiri, namun juga mereka harus bisa bangkit dalam kompetisi Serie A.

Tim tuan rumah terakhir yang bernasib sial adalah Arsenal yang juga gagal membawa pulang poin dan gol. Menjamu Bayern Munich di Emirates, Arsenal seakan mengalami Déjà vu karena harus kalah 2-0 dengan gol yang kembali dicetak oleh Toni Kroos dan Thomas Mueller seperti yang kedua pemain itu lakukan di Emirates tahun lalu pada gelaran liga yang sama.

Dengan hasil tersebut, Arsenal pun harus mencetak gol dengan selisih tiga gol dalam lawatannya ke Allianz Arena bulan depan.