Indonesia Gagal Meraih Medali Emas

Indonesia Gagal Meraih Medali Emas

Indonesia Gagal Meraih Medali Emas – Pertandingan final Sea Games 2013 antara Indonesia menghadapi Thailand di gelar di Stadion Zayyarthiri, Naypyidaw hari Sabtu malam tanggal 21 Desember 2013. Target medali emas yang dibebankan di pundak Timnas U-23 gagal dipenuhi. Kurnia Meiga dkk terpaksa harus puas membawa pulang medali perak. Ternyata puasa medali emas di Sea Games masih harus tetap dirasakan oleh Indonesia.

Memasuki babak awal pertandingan, anak asuh Rahmad Darmawan itu berusaha untuk bermain dengan tempo cepat. Pelatih Rahmad Darmawan menurunkan kwartet pada lini tengah yaitu Risky Pellu, Bayu Gatra, Dedi Kusnandar dan Ramdani Lestaluhu.

Baik Indonesia maupun Thailand sama sama menampilkan serangan melalui umpan umpan crossing. Di menit ke 8, Thailand sudah mulai menciptakan peluang. Tendangan Pokklaw Anan hampir saja membuka keunggulan namun masih beruntung Kurnia Meiga berhasil menyelamatkan bola. Di menit ke 12, Indonesia membalas mengancam gawang Thailand. Ramdani Lestaluhu mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun bola hasil tendangannya mengarah tepat ke penjaga gawang Thailand Kawin Thammasatchanan.

Lima menit kemudian Thailand kembali mengancam, melalui tendangan pojok yang diambil oleh Theeraton Bunmathan, namun Kurnia Meiga masih bisa menangkap bola.

Di menit ke 22, akhirnya gawang Kurnia Meiga kebobolan juga. Berawal dari memanfaatkan  skema serangan balik, Thitiphan Puangchan memberikan umpan terobosan kepada  Sarawut Masuk. Setelah berhadapan langsung dengan kiper Indonesia, Sarawut dengan cerdik men-chip bola dengan mudah. Indonesia kembali kebobolan dengan cara yang sama saat mereka bertemu dengan Thailand di babak penyisihan grup. Kedudukan Thailand lebih unggul 1-0.

Setelah ketinggalan satu gol, tim besutan Rahmad Darmawan itu berusaha keras untuk mengejar ketinggalan dan berusaha untuk mencetak gol balasan. Namun usaha Kurnia Meiga dkk masih selalu gagal karena pertahanan Thailand yang begitu rapat dan kedisiplinan pemain belakang Thailand.

Thailand menempatkan banyak pemain nya di daerah kotak penalti sehingga penggawa Timnas U-23 merasa kesulitan menembus lini pertahanan Thailand. Justru begitu ada kesempatan, Thailand memanfaatkan serangan balik yang mampu mengancam gawang Indonesia. Di menit ke 7o, skuat Garuda Muda sudah kelihatan kelelahan secara fisik. Sedangkan pemain Thailand masih terlihat segar.

RahmadDarmawan yang mencoba menurunkan Yohanes Ferinando Pahabol untuk menggantikan Yandi Sofyan Munawar masih belum membantu dan tetap tak bisa mengejar ketinggalan. Meski sempat menciptakan peluang namun usaha dari Ferinando Pahabol di menit ke 85 masih gagal. Skor tetap bertahan 1-0 keunggulan untuk Thailand.

Meski gagal meraih medali emas, perjuangan Timnas U-23 harus tetap kita hargai dan kita acungi jempol. Mereka sudah berusaha keras untuk mencapai hasil yang maksimal. Faktor kelelahan bisa juga menjadi penyebab kekalahan mereka. Untuk itu dalam masa yang akan datang masalah fisik harus benar benar menjadi perhatian serius.