Dapatkah Rene Meulensteen Kembali ke Old Trafford?

Dapatkah Rene Meulensteen Kembali ke Old Trafford? – Berita yang menyatakan bahwa Rene Meulensteen telah digantikan dari posisi manajer Fulham oleh Felix Magath, manajer asal Jerman yang pernah memenangi liga bersama Wolfsburg beberapa tahun yang lalu.

Meulensteen sebenarnya tak dipecat secara definitif, dari laporan awal tentang kejadian tersebut, karena klub asal London tampaknya tak meragukan kemampuannya sebagai pelatih, mereka cuma meragukan otoritasnya saat menangani tim dalam posisi manajerial. Tapi menurut saya berita tersebut tetap dalam satu kesimpulan, dia akan meninggalkan klub dalam beberapa hari kemudian saat semua ketentuan dari kepergiannya mencapai kata sepakat, dengan posisi yang sekarang tak bisa dipertahankan.

Sejak meninggalkan Manchester United di musim panas lalu, Meulensteen pernah merasakah dua kali sebagai manajer. Yang pertama adalah di Anzhi, klub liga rusia dan hanya bertahan selama 16 hari. Jabatannya di Fulham hanya bertahan selama 75hari. Di kedua klub tersebut dia tengah menghadapi kondisi yang sulit dan harusnya tak menjadi pelatih yang memikirkan efek jangka panjang.

Apakah dia tak belajar manajerial dari gurunya, Sir Alex Ferguson? Dalam otobiografinya, Sir Alex Ferguson berbicara tentang orang yang bekerja dengannya dan orang-orang yang selalu dia percaya bisa menangani tim dalam posisi manajerial. Steve McLaren adalah salah satu nama yang dia ajukan, begitu juga dengan Carlos Queiroz yang dia deskripsikan sebagai “orang yang paling mendekati kriteria sebagai manajer Manchester United tanpa perlu meraih gelar juara di klub sebelumnya”. Dalam buku yang sama, Sir Alex tak pernah menyebutkan nama Meulensteen.

Pelatih asal Belanda meninggalkan klub dalam kondisi yang baik setelah dia ditawari posisi yang lain oleh David Moyes. Pendekatan Meulensteen dalam metode latihan sangat sesuai dengan Ferguson, yang suka dengan metodenya, sementara Moyes sebaliknya, pendekatan mereka berdua sangat berbeda. Moyes suka untuk turut campur dalam metode latihan pemain dan membuat tak ada ruang bagi Meulensteen untuk meneruskan tanggung jawab yang dia lakukan selama berada dibawah besutan Ferguson.

Meulensteen mungkin merasa dia tak diberi kesempatan dalam transisi manajer di klub yang telah dia bela dalam waktu yang lama, dan mungkin para penghuni Old Trafford juga berharap dia mendapatkan klub lain ayng lebih baik. Tapi selalu ada kemungkinan bahwa dia mungkin akan menyadari, pekerjaan manajerial bukanlah bidang yang cocok baginya. Robin van Persie mengatakan bahwa Meulensteen adalah salah satu pelatih terbaik di dunia, dan mungkin van Persie benar, bahwa kekuatan utama dari Meulensteen adalah pada kebrilianannya sebagai pelatih, di posisi tersebut dia seharusnya bertahan.

Apakah ada posisi tersebut baginya di United? Beberapa pekan lalu mungkin ada, tapi tidak untuk saat ini.

Saat Fulham bisa menahan imbang Manchester United dengan skor 2-2, Meulensteen dengan keras mengatakan pada konferensi pers setelah pertandingan tentang bagaimana mudahnya bertahan melawan taktik Manchester United. Sebenarnya hal itu tak perlu dia lakukan pada Moyes. Meulensteen dapat berkomentar dan fokus pada kekuatan timnya dan pendekatan taktiknya sendiri tanpa mengatakan taktik United mudah ditebak dan sudah terlihat sebelum pertandingan dimulai.