Bursa Pemain Bola Sikap Keuangan Florentino Perez Mulai Dipertanyakan

Bursa Pemain Bola Sikap Keuangan Florentino Perez Mulai Dipertanyakan

Bursa Pemain Bola Sikap Keuangan Florentino Perez Mulai Dipertanyakan – Sebuah kelompok yang tidak puas dari socios Los Blancos mengklaim bahwa presiden klub Florentino Perez saat ini justru memperburuk hutang klub. Alhasil kepemimpinan Perez pun mulai dipertanyakan oleh kelompok tersebut termasuk keputusan menjual Mesut Ozil yang dianggap dapat meringankan beban mereka.

Presiden ‘Asociacion por los Valores del Madridismo’, Carlos Mendoza, dipotong oleh Florentino Perez ketika ia mencoba untuk meningkatkan rasa kekhawatirannya pada September lalu di sebuah klub ‘asamblea’.

Dalam sebuah wawancara dengan salah satu media ternama Spanyol, ia menyatakan bahwa angka yang disajikan pada pertemuan tersebut adalah palsu dan bahwa situasi keuangan klub saat ini justru jauh lebih berbahaya dari pada yang diakui oleh dewan pengurus klub.

“Kami telah mempelajari segala bentuk rekening dan anggaran klub dan kami telah mendeteksi hal-hal yang tidak diungkapkan oleh presiden – hal-hal yang mengancam masa depan klub,” ungkap Mendoza. “Utang klub saat ini mencapai 541 juta euro, termasuk utang dalam jangka pendek dan jangka panjang.

 “Florentino konon hanya mengakui ‘bersih’ utang keuangan klub, yang hanya ke bank, sejumlah 90 juta euro. Namun Madrid masih memiliki utang lainnya – kepada pemain, klub, asosiasi olahraga, administrasi publik, pemasok. Itu semua total mencapai 541 juta euro, bahkan utang ini dua kali lipat ketimbang rezim terdahulu, Lorenzo Sanz.”

Sementara itu Florentino Perez yang merupakan pengusaha konstruksi, berencana untuk membangun kembali bagian di stadion Santiago Bernabeu dan hal ini justru menimbulkan perhatian dalam konteks ini, ungkap Mendoza.

“Bahkan dalam situasi kerugian tersebut, ia memiliki rencana untuk membangun kembali Bernabeu, yang diungkapkan menelan biaya mencapai 400 juta euro,” lanjutnya. “Dan kemudian ia mengatakan tidak tahu bagaimana hal itu akan dibiayai, namun ia ingin menggunakan metode cerdik … jika tidak ada kepastian, maka mencari dana mencapai 400 juta euro tentu menjadikan sebuah proyek Bernabeu tidak bijaksana.

“Dan terdapat rincian lain – dua fasilitas kredit telah dibuka dan mereka harus meletakkan sebagai jaminan pendapatan dari sponsor olahraga dan dari biaya anggota dan juga penjualan tiket reguler selama tiga atau empat tahun ke depan … ini bukan hanya saya yang mengatakan hal tersebut – itu merupakan rekening klub. Lembaga keuangan tentu meminta jaminan sebagaimana mereka tidak percaya terhadap kesanggupan klub untuk membayarnya.”

Mendoza menerima laporan Forbes bahwa Real Madrid kini merupakan klub terkaya di dunia, dan Perez mengklaim bahwa, berkat keterampilan dalam bidang pemasarannya, membuat pendapatan klub kini menduduki peringkat teratas dengan 500 juta euro – tetapi permasalahan utamanya adalah pengeluaran, dan bukan dari pemasukan.

“Kami boleh saja menjadi klub dengan pemasukan terbesar, namun juga harus memperhatikan pengeluaran,”  tegasnya. “Dan pendapatan telah tumbuh sebesar 12 persen per-tahun selama sepuluh tahun terakhir, namun pada tahun lalu hanya berkembang 1 persen, sedangkan biaya membengkak.”

Mendoza juga mengklaim bahwa angka tersebut pada tahun depan akan semakin memburuk setelah aksi belanja pemain di musim ini – termasuk menghabiskan anggaran mencapai 200 juta euro untuk merekrut Gareth Bale, Isco, Asier Illarramendi, Dani Carvajal dan Casemiro Bursa Pemain Bola.