Arshavin Balik Kandang

Arshavin Balik Kandang

Bursa Pemain Bola – Andrei Arshavin, mantan gelandang Arsenal akhirnya kembali bergabung dengan klub di kotanya yaitu Zenit St Petersburg. Arshavin meninggalkan Arsenal sesudah dilepas pada akhir musim lalu. Pemain timnas Rusia tersebut sudah tampil sebanyak 144 kali untuk Arsenal. Bersama The Gunners, dia berhasil mencetak gol sebanyak 31 kali selama lima musim.

Arshavin memang gagal meraih prestasi terbaik sejak dibeli 15 juta poundsterling pada tahun 2009 lalu dari Zenit. Nilai itu menjadi rekor pembelian tertinggi sepanjang sejarah bagi Arsenal. Arshavin yang berumur 32 tahun itu telan menandatangi kontrak berdurasi dua tahun dengan klub Zenit. Zenit St Petersburg menyambut baik kedatangan pemain yang dinilai sebagai salah satu pemain terbaik Rusia itu.

Perihal kepindahan Arshavin ini juga sudah dikonfirmasi oleh Manajer Arsenal yaitu Arsene Wenger. Wenger menyatakan bahwa pemain gelandang serang tersebut akan pergi pada musim panas ini. Hal tersebut sesuai dengan kontrak Arshavin yang berakhir.

Sesudah tiga musim awal berkarier di Arsenal, Arshavin tidak lagi menjadi pilihan utama. Bulan Maret 2012 yang lalu Arshavin sempat dilepas oleh Arsenal ke Zenit dengan status pemain pinjaman untuk jangka waktu selama enam bulan. Arshavin belum juga mampu menunjukkan penampilan memikat sesudah kembali ke Arsenal pada musim panas yang lalu. Wenger hanya mempercayai Arshavin untuk bermain sebanyak 11 kali di berbagai pertandingan – Bursa Pemain Bola

Arshavin yang mempunyai nama lengkap Andrei Sergeyevich Arshavin adalah seorang pesepakbola asal Rusia. Dia lahir pada tanggal 29 Mei 1981. Arshavin merupaka pemain lini depan Tim Nasional Rusia. Dia adalah striker serbaguna yang bisa dimainkan sebagai gelandang serang dan pemain sayap. Arshavin terkenal mahir mengontrol bola dan sering menjadi playmaker.

Arshavin lulus dari Sekolah Sepak Bola Smena. Dia bermain membela tim kelas dua Zenit, Zenit-2 dalam divisi 2 Liga Rusia antara tahun 1999 hingga awal 2000. Hingga pada akhirnya dia masuh ke dalam skuat utama Zenit pada tahun 2000. Penampilannya dengan Zenit diawali kemenangan 3-0 atas Bradford City pada kejuaraan Piala Intertoto.

Pemain berumur 31 tahun ini sanggup bermain pada berbagai pos di lapangan, mulai gelandang kanan, gelandang serang dan juga bisa dipasang sebagai striker. Arshavin pernah menerima penghargaan dari Liga Utama Rusia sebagai pemain musim tahun 2005 karena bisa bermain baik sebagai pemain playmaker, striker sekaligus sayap. Di musim 2007 dalam Liga Utama Rusia, dia ikut membantu klubnya yaitu Zenit untuk merengkuh gelar juara dalam 30 pertandingan dengan 10 gol dan 11 kali umpan. Hal itu menjadi kemenangan pertama klub dalam Liga Premier Rusia. Sebelumnya Zenit merai kemenangan dalam Liga Utama Uni Soviet pada tahun 1984. Arshavin merupakan pemain kunci bagi Zenit pada kejuaraan Piala UEFA 2008 – Bursa Pemain Bola