Adrian Mutu Yang Mendapat Kesempatan Terakhirnya

Tak lagi merumput di Serie A bersama klub Italia, Adrian Mutu seolah menghilang dari lapangan hijau. Lenyap kiprahnya dalam mencetak gol, kecuali “abadinya” kisah konyolnya terkait Mr Bean ketika itu. Ke mana orang Rumania tersebut?

Penyerang asal Rumania yang seolah-olah sudah “mati” di dunia sepakbola papan atas dunia, tiba-tiba diberitakan lagi di musim dingin ini. Sebuah kalimat “pulang” diucapkan pemain yang kini berusia 35 tahun itu, setelah ia dikontrak oleh Petrolul Ploiesti yang merupakan klub divisi satu Liga Rumania, beberapa hari terakhir.

“Saya selalu ingin memenangkan apapun dan itulah bidikan di Petrolul.”

Mutu memutuskan pulang kampung setelah mengembara ke liga asing selama 14 tahun lamanya. Keinginannya tak berubah sama sekali. Dia masih menyimpan hasrat sama besar demi cita-cita yang pernah dirancang sejak meninggalkan Dinamo Bucuresti tahun 2000 silam.

Untuk kali ini jelas bukan Juventus yang menyelamatkan kariernya. Cosmin Contra yang merupakan teman lamanya, yang mendaulat Mutu pulang kampung saat ini.

“Dia bisa menjadi pemain bernilai, tapi saya tahu dia terlalu baik untuk memahami kalau dia sering menjadi biang persoalan yang ada.”

“Saya tak cari perkara dari siapapun di sini, terutama bukan dari teman saya.”

Memiliki harapan yang tak berlebihan kepada Mutu. Tak banyak pemain brilian dari Rumania negara asalnya. Mutu adalah salah atau yang sedikit dalam sepakbola Rumania. Namun, kepiawaian dia di lapangan juga dibarengi dengan kontroversinya sebagai sosok laki-laki yang tidak baik, playboy, dan doyan bermain di klub malam.

Sikap nakalnya yang tak termaafkan adalah ketika mengolok-olok Victor Piturca yang merupakan pelatih Rumania, pada November 2013 yang lalu.

Mutu yang mengolok-olok Piturca memang keterlaluan. Di laman Facebook-nya Mutu mengunggah foto Piturca yang sedang memimpin latihan, tapi wajah bukan sebenar-benarnya Piturca yang ada. Mutu mengganti wajah Piturca dengan tokoh televisi yang kondang karena kekonyolan sikapnya yakni Mr Bean yang terkenal. Ulah itu sampai membuat timnas menutup pintu untuk dirinya.

Sebelum itu, sederet ulah sudah jadi catatan buat dia, antara lain karena ia hobi bahkan kecanduan bermain di klub malam. Kepiawaiannya di lapangan hijau tak pernah terbantahkan sama sekali. Jika dia tidak berbakat, mana mungkin tim sebesar Inter Milan, Parma, Chelsea, Juventus, dan Fiorentina pernah mau merekrut dia.

Namun, dengan ulahnya yang seperti itu, ditambah dirinya ketahuan rajin mengonsumsi kokain selama ini, karier Mutu pun tidak baik. Sempat membela klub-klub top macam Inter Milan dan Parma sejauh ini, ia dipecat Chelsea karena ketahuan memakai kokain dalam beberapa waktu. Beruntung Juventus masih mau menampung dirinya.

Mutu sempat membaik lagi dalm karier sepakbolanya, tapi ia di awal 2010 ia tersandung kasus doping dalam sebuah pertandingan, dan dihukum 6 bulan lamanya.  Sejak itu Mutu sudah tak sama lagi. Ia mulai menjadi pemain semenjana dan media pun tak lagi tertarik mengikuti kariernya, sampai ia kini memutuskan pulang ke Rumania negara asalnya, untuk mengais kesempatan terakhirnya sebagai pesepakbola profesional, di usinya yang sudah 35 tahun itu.

Tags: